Rabu, 17 Oktober 2012

Manajemen

BAB 2

A. Definisi Manajemen

Kata Manajemen  berasal dari bahasa Perancis Kuno Menagement yang memiliki arti  "Seni melaksanakan dan mengatur". Selain itu manajemen juga berasal dari bahasa Italia Maneggiare yang berarti "Mengendalikan".

Selain itu ada beberapa Definisi Manajemen dari Beberapa Ahli sebagai berikut :

1. Menurut Mary Parker Follet, Manajemen diartikan sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dan dari definisi tersebut dapat diartikan bahwa Manajer bertugas untuk mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Menurut Ricky W.  Griffin, Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasi, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

3. Menurut Daft (2003:4), Manajemen adalah pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang efektif  dan  efisien  lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengarahan dan pengawasan sumber daya organisasi

4. Menurut Plunket dkk (2005:5), Manajemen adalah orang yang mengatur dan mengawasi sumber daya

5. Menurut Dr. Sp. Sagian dalam buku "Filsafat Administrasi", Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.

6. Menurut Prof. Dr. H. Arifin Abdulrachman dalam buku "Kerangka Pokok  Manajemen" dapat diartikan :
a. Kegiatan - kegiatan atau aktifitas - aktifitas
b. Proses, yakni kegiatan dalam rentetan urutan - urutan
c. Institut atau orang - orang yang melakukan kegiatan atau proses kegiatan

7. Menurut Oei Liang Lee, Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat - alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 Dan dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Manajemen adalah orang yang mengatur dan mengawasi proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasi dan pengontrolan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

B. Fungsi Manajemen
   
     Fungsi manajemen merupakan perincian dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam mengelola perusahaan. Secara garis besar Fungsi Manajemen terbagi menajdi 5 bagian :

      a. Planning
           Planning adalah suatu fungsi pemilihan alternatif melalui suatu proses yang rasional untuk mengambil keputusan terhadap objective perusahaan, policy, program maupun prosedur untuk memperbaikinya.

     b. Organizing 
           Organizing adalah kegiatan dalam menentukan macam kegiatan beserta jumlah kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan maupun pengelompokan kegiatan - kegiatan beserta orang - orangnya yang sesuai dengan kegiatannya.

     c. Directing
           Directing adalah kegiatan yang khususnya ditujukan untuk mengatasi dan mengarahkan bawahan sehingga seseorang pimpinan secara manusiawi bisa mengikat bawahan untuk bekerja sama secara sukarela menyumbangkan  tenaganya seefisien dan seefektif mungkin untuk mencapi tujuan organisasi.

     d. Koordinasi
            Koordinasi adalah fungsi yang harus dilakukan seorang manajer agar terdapat suatu komunikasi atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiatan sehingga bisa tercapai tujuan organisasinya.

     e. Controlling
            Controlling adalah fungsi yang bertujuan untuk melakukan perbaikan - perbaikan yang perlu dilakukan jika terjadi penyimpangan - penyimpangan pelaksanaan perencanaan yang telah ditetapkan


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar