Selasa, 16 Oktober 2012

Perusahaan

BAB 1

 Kata Perusahaan sudah sering kita dengar di telinga kita. Tapi apa semua orang tau apa arti kata dari Perusahaan ? Sudah banyak orang yang tau Perusahaan tapi belum banyak orang yang tau apa arti kata Perusahaan. Nah, sekarang saya akan menjelaskan apa arti kata Perusahaan.

Definisi Perusahaan menurut beberapa ahli

1. Menurut Wikipedia Indonesia, Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi.

2. Menurut Pemerintah Hindia Belanda, Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara tidak terputus - putus dengan terang terangan dalam kedudukan tertentu untuk mencari laba .

3. Menurut John M. Echols, Perusahaan adalah Bisnis

4. Menurut UU No.8 Tahun 1997 Pasal 1 ( 1 ), Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus menerus dengan memperoleh keuntungan / laba.

5. Menurut Molengraaff, Perusahaan adalah Perbuatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar untuk memperoleh penghasilan dengan cara memperdagangkan atau menyerahkan barang atau mengadakan perjanjian perdagangan

6. Menurut Murti Sumarni ( 1997 ), Perusahaan adalah sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber daya ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat

7. Menurut Much Nurachmad, Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak milik perseorangan, persekutuan atau milik badan hukum, baik milik swasta atau milik negara yang memperkejakan pekerja dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain .


  • Dan dari Definisi dari beberapa Ahli dapat disimpulkan bahwa Perusahaan adalah bentuk usaha baik milik swasta maupun negara yang melakukan kegiatan produksi barang dan jasa yang dilakukan secara terus menerus dengan tujuan untuk memperoleh keuntunngan atau laba .
Adapun unsur penting dari perusahaan yaitu :

1. Organisasi

      Organisasi adalah lembaga sosial yang terditri dari sekumpulan orang yang memiliki berbagai pola interaksi dan secara sadar dibentuk dan dikoordinasi dalam melkasanakan suatu kegiatan tertentu dengan  tujuan untuk mencapai hasil hasil yang telah ditetapkan.

2. Produksi
      Produksi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengolah suatu bahan atau sumber - sumber ekonomi dengan tujuan agar tercipta suatu produk yang mempunyai nilai guna yang lebih tinggi.

 Pada dasarnya Produksi terbagi menjadi dua yaitu :


      1)Produksi Langsung
            Produksi Langsung terbagi menjadi dua yaitu :
            a. Produksi Primer
                  Yaitu suatu usaha produksi yang menghasilkan suatu produk dengan menggunakan bahan dari alam.  
Contoh : Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan
            b. Produksi Sekunder
                  Yaitu usaha produksi yang menggunakan bahan yang sudah diolah untuk kembali diolah lagi menjadi barang yang lebih bermanfaat .  
Contoh : Mobil, Motor, dan Baju

      2) Produksi Tak Langsung
           Yaitu produksi yang tidak menaikkan nilai penggunaan dan buakan dari alam tetapi memberikan sumbangan jasa yang sangat bermanfaat bagi perusahaan .
Contoh : Akuntan, Ilmuwan

3. Sumber - Sumber ekonomi atau Faktor Produksi
     Sumber - Sumber ekonomi yang menunjang pelaksanaan kegitan perusahaan seperti produksi, pemasaran, pembelanjaan dan personalia dikelompokan menjadi :
  •  sumber ekonomi alam (material dan bahan baku)
  •  sumber ekonomi manusia (tenaga kerja)
  •  sumber ekonomi modal (dana, mesin dan gedung)
  •  sumber ekonomi manajerial (keahlian mengelola)
  •  sumber ekonomi lingkungan (sosial dan budaya)   
4.Kebutuhsn Konsumen
     Kebutuhan barang dan jasa ini tidak dapat dipenuhi oleh satu macam perusahaan saja melainkan membutuhkan keikutsertaan perusahaan lainnya. Dengan adanya interaksi antara berbagai perusahaan dengan masyarakat atau konsumen menimbulkan adanya kegiatan ekonomi yang besifat bisnis (orientasi mencari laba)

5. Laba / Keuntungan
      Laba adalah selisih antara Penjualan dengan biaya yang digunakan untuk menghasilkan barang tersebut .

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar