Senin, 31 Desember 2012

Teknik Analisis Meramalkan Arus Kas

Bab 12


  Pengertian Teknik Analisis Meramalkan Arus Kas

      Teknik Analisis Meramalkan Arus Kas adalah Teknik untuk mengetahui keadaan sehat atau tidaknya kas pada perusahaan di masa mendatang atau sekarang.


    Pengertian Perusahaan Keuangan

        Perusahaan Keuangan adalah lembaga yang melaksanakan fungsi utama menyalurkan dana dari yang  berlebih kepada mereka yang kekurangan dana.


   Adapun Jenis - Jenis Perusahaan Keuangan adalah sebagai berikut :
  • Bank Komersial : lembaga simpanan yang memiliki asset utama berupa pinjaman dan kewajiban utama lain yaitu tabungan (deposit) 
  • Thrifits : lembaga simpanan dalam bentuk tabungan atau pinjaman, saving bank dan credit unions  
  • Perusahaan Asuransi : lembaga keuangan yang menjaga individu dan perusahaan dari kejadian yang buruk 
  • Perusahaan Sekuritas dan Bank Investasi : lembaga keuangan yang menjamin sekuritas dan terlibat dalam kegiatan sehubungan seperti broker surat berharga, jual beli surat berharga dan menghasilkan pasar dimana surat berharga diperdagangkan.  
  • Perusahaan Pembiayaan : lembaga penghubung keuangan yang memberi pinjaman kepada individu dan bisnis   
  • Mutual Funds: lembaga keuangan  yang menawarkan rencana simpanan dimana dana milik partisipan mengakumulasi tabungan selama tahun bekerja mereka sebelum diambil selama tahun pensiun mereka. 
  
Estimasi Penjualan 


   Estimasi Penjualan adalah ramalan unit dan nilai uang penjualan suatu perusahaan. Penyusunan perencanaan keuangan apabila disajikan dengan benar maka informasi tersebut akan berguna bagi pihak manajemen perusahaan dalam rangka pengembangan usaha yang dilakukan. Apabila perencanaan keuangan dilakukan secara tepat maka pihak manajemen perusahaan mampu untuk berusaha secara maksimal dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. 


Estimasi Produksi 

    Estimasi Produksi adalah anggaran penjualan yang disesuaikan terhadap perubahan persediaan


 Estimasi Pembeliaan Bahan Langsung

    Estimasi Pembeliaan Bahan Langsung adalah Pembeliaan barang secara langsung, baik berupa pembeliaan secara langsung maupun tidak langsung (sistem online). Estimasi ini sangat menguntungkan bagi penjual maupun pembeli, karena penjual bisa memproduksi barang dagangnya dengan cara sistem online dan pembeli juga dapat lebih menguntungkan dan menghemat.


 Estimasi Pemakaian Bahan Langsung

    Estimasi Pemakaian bahan Langsung adalah barang yang bisa langsung digunakan tanpa memerlukan proses terlebih dahulu atau barang yang sudah dibeli bisa langsung dipakai atau digunakan.


 Upah langsung

   Upah langsung adalah upah yang diberikan atasan atau manager secara langsung kepada para karyawan nya setelah mereka melakukan apa yang menjadi kewajiban mereka sebagai pekerja dan biasanya upah tersebut berupa uang.


 Estimasi Beban Fabrikase 

   Estimasi Beban Fabrikase adalah estimasi yang menjelaskan tentang beban pabrikasi.


 Estimasi  Harga Pokok Penjualan (HPP) 

    Estimasi Harga Pokok Penjualan adalah harga yang sudah mutlak atau harga pokok barang yang dijual tanpa bisa mengalami perubahan.


 Estimasi Beban Penjualan

     Estimasi Beban Penjualan adalah beban yang ditanggung penjual karena terdapat beberapa faktor yang membuat perusahaan atau penjual menanggung beban oleh pihak - pihak tertentu.


 Estimasi Beban Administrasi


Estimasi Laba Rugi

    Estimasi Laba Rugi adalah  laporan keuangan suatu perusahaan yang menunjukan keuntungan atau kerugian.


Estimasi Arus Kas

    Estimasi Arus Kas adalah laporan keuangan yang menunjukan berapa uang yang dipakai oleh perusahaan tersebut, karena dengan adanya kas perusahaan dapat mengetahui berapa jumlah uang atau kas yang ada.


 

sumber:


 
      



 





 








  























1 komentar:

  1. Kita juga mempunyai jurnal mengenai Arus Kas, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya: http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5122/1/DESIGN2%5B1%5D.pdf
    Semoga bermanfaat!

    BalasHapus